Monday, December 28, 2009

Benar Kata Luna Maya


Assalamualaikum..

Ingin mencermati lebih dalam kata-kata Luna Maya, yang akhir-akhir ini sangat eksis di tivi-tivi.
Sebagai seorang muslim, saya memberikan quotes bahwa kata-kata luna maya memang benar adanya.

"Infotemnt derajatnya lebh HINA dr pd PELACUR,PEMBUNUH! !!! may ur soul burn in hell!!


Whuuu emang kasar, dan lugas..beberapa pihak menyebutkan bahwa kata-kata itu memang tidak pantas secara harfiah, meskipun jika ditelaah secara kontekstual bisa dimaklumi. Yup seperti yang kita tahu, saat itu luna maya sedang enggendong seorang anak yang sedang tidur bla bla,,,bersama calon mertua..bla ..bla..

Namun sebenarnya kata-kata tersebut pun bisa di benarkan secara harfiah islam.

PERTAMA kata Infotainment seperti Pelacur

… Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujuraat : 12).

Dari Abu Hurairah radiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : “Tahukah kalian apa itu ghibah?” Sahabat menjawab : “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi berkata :“Yaitu engkau menyebutkan sesuatu yang tidak disukai oleh saudaramu.” Sahabat bertanya kembali : “bagaimana pendapatmu jika itu benar adanya?” Nabi SAW menjawab : “Kalau memang sebenarnya begitu, engkau telah mangghibahinya, tetapi jika apa yang engkau sebutkan tidak benar, maka engkau telah berdusta atanya (memfitnahnya)”. (HR. Muslim)

"Hati-hatilah kamu dari ghibah, karena sesungguhnya ghibah itu lebih berat dari pada berzina. Ditanya, bagaimanakah? Jawabnya, "Sesungguhnya orang yang berzina bila bertaubat maka Allah akan mengampuninya, sedangkan orang yang ghibah tidak akan diampuni dosanya oleh Allah, sebelum orang yang di ghibah memaafkannya." (HR Albaihaqi, Atthabarani, Abu Asysyaikh, Ibn Abid)

Sebegitunya ancaman dari Allah terkait perbuatan Ghibah, yang diibaratkan kita memakan bangkai saudara sendiri, bahkan dalam hadist Ghibah lebih berat dari pada zina..berarti kija luna maya berkata bahwa infotainment yang isinya ghibah lebih hina dari pelacur..itu benar.

Kemudian sepotong kalimat kedua yang menyebutkan infotainment lebih hina dari pada pembunuh.


fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan.(Al Baqarah 217)

Infotainment bisa berisi tentang ghibah dan fitnah. Ghibah saat isi pembicaraanya belum tentu benar, atau sudah pasti benar tapi tentang kejelekan saudaranya atau orang lain. Sedangkan fitnah berita yang dibicarakan hanyalah kebohongan yang merugikan orang yang dibicarakan.

Jika begitu kita harus mengakui bahwa memang infotainment yang bisa berisi tentang fitnah seperti pembunuh

Saya yakin meski tahu demikian, jika ada fatwa haram infotainment dari NU, yang didukung oleh Suryadharma Ali, maka pun banyak porang islam yang truurt dalam jajaran pendemo fatwa tersebut, bahkan mungkin yang berjilbab, dan mengaku liberalis.
mungkin dipikir, ranah sosial dan norma tidal bisa dikaitkan dengan ranah agama yang diposisikan sebagai dogma.
silahkan berpendapat, hanya saja saya ingin konsisten meyakini bahwa kebenaran itu mutlak bukan relatif.

*)inspirasi materi pengajian Dhuha ahad pagi Al-Azhar bersama kelompok capir, mia n arina..

2 comments: