Friday, February 19, 2010

TidurQuu….dan Tidur Rasulullah…




"Dan Kami jadikan tidurmu sebagal pelepas lelah baglmu." (Al Qur'an, An-Naba': 9)

Assalamaualaikum wr…wb…
Saat ini saya mau membahas tentang Tidur…
Setiap hari, tentunya semua merasakan Tidur…(kecuali orang yang workaholic, atau lupa tidur :P)
Bahkan teman 2 saya banyak yang hobi tidur, malam tidur kalo sempet di kantor pun tidur :P
Beberapa bahasan atau wacana banyak memberikan informasi terkait bagaimana Tidur yang baik seperti sunah Rasul, saat mendengar bahasan ini disebuah kajian, wah gila ! tidur saya JAUUUHH ternyata dari ajnuran sunah Rasul 

Mungkin selama hidup manusia menghabiskan 1/3 hidunya untuk tidur, yah..untuk hibernasi atau mati sementara, dalam sebuah ayat :

Alloh memegang jiwa orang ketika mati dan belum mati di waktu tidurnya, maka Dia tahan jiwa yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan (jiwa) yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya yang demikian itu menjadi tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS Az Zumar : 42).

Manajemen Tidur juga berguna dalam rangka mengatur waktu kita, bagi orang bekerja tentu hari-hari terasa cepat berlalu. Kegiatan monoton pun seakan jadi makanan sehari-hari. Padahal jika kita bisa memanfaatkan waktu dengan benar maka sehari serasa banyak aktivitas yang bisa kita lakukan.

Berikut bahasannya ADAB tidur menurut Sunnah Rasul

WAKTU.
Rasul tidur biasanya sehabis isya, kemudian bangun jam 2/3, menurut penelitian, Udara saat sehabis isya bagus untuk tidur, dan waktu seusai bangun tidur yaitu jam 3 dini hari bisa dimaanfaatkan untuk belajar karena suasananya yang mendukung. Waktu ini sangat cocok untuk menghafal dan olahraga.
Sebenarnya jika kita tidur tengah malam kemudian bangun jam 5 kemudian tidur lagi seteng atau satu jam berarti kita tidur selama lebih kurang 6 jam. Sedangkan dengan cara Rasulpun juga lebih kurang tidur selama 6 jam (jam 9 sampai jam 3 dini hari).

RITUAL
Ritual sebelum tidur Rasul adalah:
1. Berwudlu: ritual ini dimaksudkan untujk menghindari mimpi buruk yang nota bene dating dari syaiton, dan juga berwudlu bisa digunakan sebagai penutup kegiatan kita sela sehari,
2. Solat witir:, Solat witir merupakan penutup sholat, yang tak pernah ditinggalkan selama hidupnya
3. Tafakur : Tafakur berarti kita menilai atau menimbang apa yang telah terjadi hari ini. Apa saja kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Tafakur ini juga mungkin bisa dilakukan untuk ritual harian perbaikan diri

ADAB
Rasul tidur dengan kepala mengahadap ke utara dan badan dihadapkan ke Barat, menurut Penelitian cara tidur seperti ini merupakan cara tidur paling baik. Posisi ini juga seperti posisi manusia saat dikuburkan

"Bila kamu hendak tidur, hendaklah berwudhu seperti akan shalat, kemudian berbaringlah pada sisi kanan dan ucapkanlah (doa), "Ya Allah, aku serahkan urusanku pada-Mu serta aku berlindung pada-Mu dengan mengaharap pahalamu dan takut hukuman-Mu. Tiada tempat berlindung kecuali perlindungan-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan dan nabi-Mu yang engkau utus". Jika kamu mati, maka kamu mati dalam keadaan fitrah" (HR Bukhari-Muslim dari al-Barra bin Azib).

Demikian sharing ini, yuk perbaiki cara Tidur kita..!!

5 comments:

  1. sedang mencoba menerapkan..
    yg paling susah adalah ttg waktu, haha

    ReplyDelete
  2. mari peh..terapkan hidup sehat...ckckckck..demi skripsi hahaha

    ReplyDelete
  3. Artikelnya bermanfaat insyaAlloh..
    salam kenal..
    -dewi-

    ReplyDelete
  4. subhanallah...
    bisa ngga ya? masalahnya jm9 blm tentu bisa tidur dan jm3 blm tentu bisa bangun

    ReplyDelete