Tuesday, July 26, 2011

Berbohong kepada Bapak tentang katarak (smg termasuk bebohong demi kebaikan)

Sebelumnya perkenalkan Bapak saya bernama Hendro Soebroto (jangan cr di FB karena beliau g gaul). beliau orang yang katrok (datang dari masa lalu), tapi keras kepala, susah sekali dibilangin (kata ibu yg paling manjur ngebilangin adalah saya)
Sedangkan ibu adalah org yang melo, kolokan, sensitif, dan katrok juga sih...hehehe
kesamaan dr keduannya adalah sangat mengidolakan "kerokan" sebgai senjata pamungkas pengusir masuk angin
sedangkan perbedaannya banyak tapi mereka saling melengkapi.ini dia fotonya;

kalo pas sy usilin bs jd kaya gini:

Hari ini saya pulang agak malam, yeahh faktor x dan faktor transportasi lah...yg menyebabkan sy sampe rumah (persis buka pintu rumah jam 7.28 pm), kegiatan rutin mandi dkk ud selesai..dan saya kepikiran menelpon orang tua yang di Solo

nada sambung terdengar...layar HP pun muncul.."calling papahQ"...--> Namanya rada alay

yup setelah menikah tentu sy ingin tetap menjalin silaturahmi ke ortu yg ud pada tua-tua (bapak 60 th, ibu 54 th), aktivitasnya seperti ini;
1. menelpon minimal 3 hr sekali
2. mengajak liburan bersama minimal 1 th sekali
3. pulang sebulan sekali (-->airasia.com)
4. memberikan oleh2 atau barang yg bs dipakai sehari2

lanjut..
kali ini topik pembicaraan saya dengan bapak adalah tentang kesehatan. Terakhir mata kanan beliau sudah g jelas...alias blawur..bukan karena minus..tapi karena katarak,,
isu ini sebenarnya sudah lama, kira2 5 bulan sebelum saya menikah pada Mei 2011 kemaren, tapi s Bapak yang penganut pengobatan tradisional dan sugesti ini menolak ke dokter. Setiap sore si mata katarak dioles2 pake kapas wajah (yg ngembat dr ibu), dan ditetesi obat mata geje yg dijual bebas..
meski sy yakin kegiatan penyembuhan ini tdk menunjukan tanda2 membaiknya si mata, tapi Bapak tetep rajin ngoles2 dengan khusuk..kalo ngobrol sm kakak saya alasan Bapak berbuat spt itu adlh kaya gini;
1. katarak adalah kotor dan harus dibersihkan dnegan kapas
2. katarak menyebabkan rasa ganjel dan ganjelannya hrus di keluarin dg kapas

beratus2 kali sya bilangin beliau kalo kapas itu punya serabut yg lembut, dan sangt tidak cocok untuk dioleskan ke mata apalagi mata katarak, karena serabutnya bisa tertinggal dan iritasi (melukai selaput mata), walhasil si mata malah tambah merah gak keruan--> bukan maksud bermedis ria nih..:P
tapi si bapak tetep aja bandel....dan akhirnya... kemaren sekitar 2 bulan yang lalu, sebuah hidayah besar dalam keluarga kami datang. Bapak mulai "percaya" omongan saya dan akhirnya mau ke dokter (tepatnya ke dokter Yap Jogjakarta)..
saya sih g th apa yang mendorong beliau akhirnya mau ke dokter, mungkin mmg ud g nyaman buat ngliat dan putus asa dengan metode "kapas" nya.
Selepas ke dokter Bapak diberi obat tetes mata katarak dan tetes mata untuk operasi yang digunakan sebelum operasi, di sana Bpaak juga berkonsultasi biaya operasi yang ditaksir sekitar Rp. 8 juta. Ibu saya sih setuju dan mendorong untuk dioperasi toh bapak masih ada kartu jaminan kesehatan pensiunan di sebuah BUMN perkebunan di Surabaya.

Tapi...
usaha kami hrs lebih keras untuk mendorongnya operasi. Bapak punya action plan lain terhadap kataraknya. kata ibu sebagai reporter rumah, Bapak mau konsultasi dulu sm org2 yg sudah pernah dioperasi katarak..(ceritanya testimoni), trus dia juga mau nyari operasi katarak massal (entah dikomporin siapa), dan beliau juga mau lihat2 dl kondisi matanya, siapa th pulih (ngarep mujikzat kayaknya)..

akhirnya bapak rajin berkunjung ke teman2 kantornya dulu yg pernah operasi,,,ya gpp sih kalo rumahnya deketan..masalahnya ini rumahnya ada yang sampe Klaten, dan solo kota..kalo cabut kesana sendirian dengan mata sebelah katarak cukup parah..kan ya kawatir..mana ud tua gtu..

akhirnya sy dan ibu merencanakan sesuatu biar rencana operasi segera di eksekusi, kasus katarak ini trlalau berlarut2 dan prosedural..(wkwkw), si Bapak udah kaya artis yg dipanggil pengadilan..alesan mulu..
Rencananya adalah ngomporin..yep, akhirnya dlm telpon hr ini sy berhasil ngomporin Bapak. lebih kurangnya sy bilang begini
(sebelumnya saya th benar teori ini salah besar, tapi semoga Allah memafkan saya, karena ini demi kebaikan)
1. sy bilang kalo katarak bisa menular, jika skrg mata katarak Bapak br yang kiri, kalo g segera dioperasi bisa nular ke mata yang kanan
2. sy bilang kalo katarak itu operasi ringan kaya amandel gtu, low risk lah, kebanyak berhasil (pdhl g th datanya)
3. sy juga bilang klo katarak itu artinya matanya ber kerak..(namanya aja katarak), jadu ibarat pembuluh darah mata ud aus,,,kalo g segera dioperasi..(diilangin ausnya), maka kalo kaget sampai melotot, trus ngejan..bs mengakibatkan pembuluh darah mata pecah..(analisa ngawur)

tapi, bapak saya percaya percaya sj, dan sempat takjub betapa putrinya yang kuliah di ekonomi ini sangat mengerti tentang dunia perkatarakan nasional..
walhasil sempat etrucap target operasi setelah Lebaran, semoga gak mundur lagi..

motivasi sy hanya satu, kawatir, Bapak sering keluar malam kalo ada tugas mengajar kelas malam, dan tempatnya mengajar cukup jauh dari rumah..lagi pula Bapak sering sendirian di Solo, ibu saya lbh sering di Jogja mengurus kos kosan dan cucu semata wayangnya..

okok mau tdr dl..
asw.

2 comments:

  1. Erina..erina..so eaaa deh...analisisnya ga ngalahin SMI soal katarak :)) wkwkwk tp eniwei semoga bapak segera diopersi dan mau sembuh..

    Kangen sama eaaaa ni...eh silaturahim sama anak kos ga boleh keputus juga, misal:
    - maen ke kos seminggu sekali
    - masakin buat anak kos sebulan sekali
    - membelikan oleh2 kira2 3 hari sekali..

    xixixix...:P

    ReplyDelete
  2. wakakakak uyeah mba uyeahhhh..iya nih belum ketemu sama bumil, aktanya badan masih kurus wkwkwkwk,,,,,,
    emg silaturahmi dikau sm suami
    1. setiap hr skypan
    2. setiap jam telponan
    3. ketemu seminggu sekali huhu

    ReplyDelete